Skip to content

PENGINGAT JUMU’AH : CAHAYA TERANG DAN BANYAK CAHAYA

Februari 21, 2014

 

jummah mubaraq

a) Dari Abu Sa’id al -Khudri , yang mengatakan : ” . Siapa pun yang membaca surat Al – Kahfi pada malam Jum’at , akan memiliki cahaya yang akan meregangkan antara dia dan Gedung Kuno ( Ka’bah ) ”
( HR. al- Daarimi , 3407 . Hadits ini dishahihkan oleh Syaikh al – Albani dalam Shahih al – Jami , 6471 )

 

 

b ) ” Barangsiapa membaca surat Al – Kahfi pada hari Jum’at , akan memiliki cahaya yang akan bersinar dari dia dari satu Jumat untuk yang berikutnya . ”
( HR. al – Haakim , 2/399 ; . Al- Baihaqi , 3/249 Ibnu Hajar mengatakan dalam Takhreej al- Adhkaar bahwa ini adalah hadits hasan , dan dia berkata , ini adalah laporan terkuat yang telah diriwayatkan tentang membaca Soorat . al- Kahfi Lihat : . Fayd al- Qadeer , 6/198 itu dishahihkan oleh Syaikh al – Albani dalam shahih al- Jami ‘ , 6470 )

( c ) Diriwayatkan bahwa Ibnu ‘ Umar ( semoga Allah senang dengan dia ) berkata : ” Rasulullah Shallallahu’ ( damai dan berkah Allah besertanya ) berkata:” Barangsiapa membaca surat Al – Kahfi pada hari Jumu ‘ ah , cahaya akan bersinar baginya dari bawah kakinya ke awan-awan di langit , yang akan bersinar baginya pada hari kiamat , dan dia akan diampuni ( dosanya ) antara kedua hari Jumat . ‘ ”
Al – Mundhiri mengatakan , ini diriwayatkan oleh Abu Bakr ibn Mardawayh di Tafsir -nya , dengan sanad dengan yang tidak ada yang salah .

( al- Targheeb wa’l – Tarhib , 1/ 298)

1661197_669314919779143_1737653040_n

Surah ini dapat dibaca pada malam hari atau hari Jum’at . Malam Jum’at dimulai dari matahari terbenam pada hari Kamis , dan hari Jum’at berakhir saat matahari terbenam . Oleh karena itu waktu untuk membaca Surah ini memanjang dari matahari terbenam sampai matahari terbenam pada hari Kamis , Jumat .

Al – Mannaawi mengatakan :
Al -Hafidz Ibnu Hajar mengatakan dalam Amaali nya : ” Dalam beberapa laporan itu mengatakan ‘ hari Jum’at dan dalam beberapa laporan itu mengatakan ‘ malam Jum’at ‘ . Mereka mungkin didamaikan dengan mengatakan bahwa yang dimaksud adalah hari yang mencakup malam dan sebaliknya . ” ( Fayd al – Qadeer , 6/199 )

Al – Mannaawi juga mengatakan :

” Dianjurkan untuk membacanya selama hari atau malam Jum’at , seperti al- Shaafa’i ( semoga Allah merahmatinya ) menyatakan . ” ( Fayd al – Qadeer , 6/ 198)

 

jumaahmubarak

 

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: