Skip to content

Sejarah yang dilupakan, Sumbangan Daulah Utsmaniah – Turki untuk Rakyat Irlandia yang kelaparan

Februari 12, 2014


Irish Republic atau Republik Irlandia telah dilanda kelaparan yang dahsyat dan epidemi penyakit di antara tahun 1845 dan 1849 .

Great-Hunger

Malapetaka yang dikenal sebagai ‘ the Great Hunger ‘ ini telah menyebabkan setidaknya satu juta penduduk Irlandia telah meninggal dunia akibat penyakit yang berhubungan dengan kelaparan tersebut dan lebih dari satu juta di kalangan rakyat Irlandia telah mengungsi , terutama ke Amerika Serikat , Inggris , Kanada , dan Australia .

Satu – satunya negara luar yang telah menawarkan bantuan kepada masyarakat Irlandia yang Katolik ini hanyalah dari pemerintah Islam Daulah Utsmaniyah Turki . Pemerintahnya pada saat itu adalah Sultan Abdul Majid yang telah menyatakan niatnya untuk mengirim £ 10.000 sterling ( sekitar USD 10.000.000 kalau dinilai dengan nilai mata uang hari ini ) kepada para petani di Irlandia .

Queen Victoria ( Inggris ) meminta agar Sultan mengirim hanya £ 1000 sterling , karena Queen sendiri telah mengirim hanya £ 2000 sterling kepada para penduduk yang sedang merana di Irlandia pada saat itu .

Baginda Sultan yang adil dan pemurah ini memutuskan untuk mengirim £ 1000 sterling ( nilai sekarang USD 1,052,000 ) saja tetapi dalam diam – diam beliau telah mengirimkan 3 buah kapal yang penuh dengan pasokan makanan .

Administrasi British mencoba berbuat jahat dengan mencegah kapal – kapal tersebut tetapi makanan itu akhirnya tiba secara rahasia di pelabuhan Drogheda ( di sebelah timur pantai Irlandia ) .

Ireland-Map-DroghedaIrlandia Map Drogheda Sejarah yang terlupakan


Masyarakat katolik di Irlandia sangat menghargai sumbangan kemanusiaan yang diberikan oleh pemerintah Daulah Othmaniyyah Turki yang telah memberikan bantuan kemanusiaan tanpa memandang latar belakang agama , ras dan Negara


Di antara tanda penghormatan yang diberikan oleh masyarakat Irlandia ke Turki untuk kembali kontribusi yang diberikan tersebut adalah dengan menggunakan logo bulan sabit dan bintang ( lambang bendera dan kemegahan Othmaniyyah ) sebagai logo resmi klub sepak bola Drogheda United yang telah didirikan sejak tahun 1919 lagi .

Sumber :

http://www.zainurrashid.com/sejarah-yang-dilupakan/#more-2729

http://www.razormind.co.uk/how-quickly-we-forget-how-muslims-helped-ireland-during-the-great-famine/

http://turkmenfriendship.blogspot.com/2013_02_01_archive.html

http://www.irishcentral.com/roots/Ottoman-Empire-helped-the-Irish-during-the-Great-Hunger-95315214.html

http://www.historylearningsite.co.uk/ireland_great_famine_of_1845.htm

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: