Skip to content

MA SHA ALLAH, NAMA MUHAMMAD DISEBUT DALAM BIBEL IBRANI

Januari 22, 2014

1506027_264505700373004_1513854819_n-TWINKLE

Tentu saja, Bibel yang dimaksud di sini adalah Bibel (Perjanjian Lama) asli yang ditulis oleh orang-orang Yahudi dalam bahasa asalnya yaitu bahasa Ibrani dan Aram (disingkat Bibel Ibrani). Dalam Bibel Ibrani, nama Muhammad disebut dengan jelas dan tegas sebanyak satu kali, yaitu pada kitab Shir-HaShirim 5:16 (Kidung Agung 5:16). Hal ini sesuai dengan pernyataan Alquran bahwa nama Muhammad memang sudah tidak asing lagi bagi orang-orang Israel yang telah menerima Taurat dan Injil:

Al-Qur’an 2:146. Orang-orang yang telah Kami beri Al-Kitab (Taurat, Zabur, Injil, dll.) mengenal Muhammad seperti mereka mengenal anak-anaknya sendiri. Dan sesungguhnya sebahagian di antara mereka menyembunyikan kebenaran, padahal mereka mengetahui. 

Al-Qur’an 7:157. (Yaitu) orang-orang yang mengikut Rasul (Muhammad), Nabi yang ummi yang (namanya) mereka dapati tertulis di dalam Taurat dan Injil yang ada di sisi mereka, yang menyuruh mereka mengerjakan yang ma’ruf dan melarang mereka dari mengerjakan yang mungkar dan menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk dan membuang dari mereka beban-beban dan belenggu-belenggu yang ada pada mereka. Maka orang-orang yang beriman kepadanya, memuliakannya, menolongnya dan mengikuti cahaya yang terang yang diturunkan kepadanya (Al-Qur’an), mereka itulah orang-orang yang beruntung. 

Sebelum membahas lebih lanjut tentang penyebutan nama Muhammad pada Kidung Agung 5:16 dalam bahasa Ibrani, pembaca wajib terlebih dahulu menonton video youtube dan mendengarkan cara pengucapan ayat Kidung Agung 5:16 dalam bahasa Ibrani yang dibacakan oleh Rabbi Yahudi dengan mengklik link berikut ini:

Ayat Kidung Agung 5:16 dalam teks bahasa Ibrani adalah sebagai berikut:

חכו ממתקים וכלו מחמדים זה דודי וזה רעי בנות ירושלם 

 

“Khikko mamtaqqim wekhullo Mukhammadim ze dodee weze r’ee baynot Yerushalam”

Perlu diketahui, teks asal Bibel dengan huruf-huruf Ibrani tidak mengenal tanda baca seperti titik (.), koma (,), titik koma (;), titik dua (:) dan lain-lain. Karena itu, teks Ibrani Kidung Agung 5:16 di atas disuguhkan tanpa tanda baca agar setiap orang bisa memahami sendiri maksud sebenarnya dari ayat tersebut.

Kata Ibrani:

מחמד

terdiri dari huruf-huruf konsonan (dari kanan ke kiri): mem-khet-mem-dalet yang dibaca Mukhammad. Demikian juga dengan kata Arab:

محمد

terdiri dari huruf-huruf konsonan (dari kanan ke kiri) mim-kha-mim-dal yang juga dibaca: Mukhammad. 

1176116_580752835314183_1571150298_a

Huruf Ibrani khet atau chet (ח), sama pengucapannya dengan huruf Arab kha (ح)Dalam huruf-huruf Arab terdapat tiga huruf yang seringkali dibaca sama oleh lidah non-Arab yaitu huruf-huruf: ha (هـ), kha (ح) dan kho (خ) yang seringkali hanya dibaca sebagai “ha” saja. Contoh pengucapan huruf Arab ha seperti kita membaca huruf h pada kata-kata Indonesia: hari, hingga, dahaga, dan lain-lain. Sedangkan contoh pengucapan huruf Arab kha seperti membacanya pada kata-kata Arab: Akhad, Mukhammad, Rokhman, dan lain-lain. Adapun contoh pengucapan huruf Arab kho seperti membacanya pada kata-kata Arab: akhirakhlaq, ikhtiar, dan lain-lain.

Jadi, kata:

מחמד محمد  

yang keduanya sama-sama diucapkan/dibaca: Mukhammad (atau Muhammad dalam ejaan bahasa Inggris).

Adapun terjemahan kata perkata ayat Kidung Agung 5:16 dari teks bahasa Ibrani adalah sebagai berikut:

חכו          =    (khikko = his mouth = mulutnya (pria

ממתקים   =    mamtaqqim = sweets = manis

וכלו          =    wekhullo = merely = semata-mata

מחמדים   =    (Mukhammadim = Mukhammad + akhiran “im” (agung

זה            =    (ze = this = ini (pria

דודי          =    dodee = my lover = kekasihku

וזה           =    (weze = and this = dan ini (pria

רעי          =    r’ee = my friend = temanku

בנות        =    baynot = girls = puteri-puteri

ירושלם     =    Yerushalam = Yerusalem

Jika terjemahan kata perkata di atas dirangkai, maka akan berbunyi sebagai berikut:

“Mulutnya manis semata-mata, (dia adalah) Mukhammad, inilah kekasihku dan inilah temanku (wahai) puteri-puteri Yerusalem.”

PEMBAHASAN AYAT-AYAT KIDUNG AGUNG TENTANG MUHAMMAD 

1450318_646666575389475_1220188530_n

Kidung Agung 5:10 –Putih bersih dan merah cerah kekasihku, menyolok mata di antara 10.000 orang.

Kidung Agung 5:16 Kata-katanya manis semata-mata, dia semuanya bagus. Demikianlah kekasihku, demikianlah temanku, hai puteri-puteri Yerusalem.

(Lihat: New/King James Version Bible, New Revised Standard Version Bible, Third Millennium Bible)

Penjelasan Kidung Agung 5:10

Menurut saudara sepupu sekaligus menantu Muhammad, yaitu Ali bin Abu Thalib, ciri-ciri Muhammad adalah: “…Tubuh beliau tidaklah terlalu gemuk, mukanya bundar, warnanya PUTIH bercampur MERAH…” (H.R. TIRMIDZI dalam Sunan dan Syama’ilnya). Sedangkan menurut Anas bin Malik, ciri-ciri Muhammad adalah: “…wajahnya terang bercahaya, tubuhnya tidak terlalu PUTIH dan tidak pula terlalu MERAH…” (H.R. BUKHARI, MUSLIM, dan TIRMIDZI).

Berkenaan dengan “10.000 orang” yang menyertai Muhammad, dalam sebuah literatur dikatakan: “Ketika memasuki kota Mekah pada tahun 630 M dalam keadaan aman dan damai yang dikenal dengan peristiwa ‘Fathu Makkah’, Muhammad disertai 10.000 pengikut yang saleh” (STANLEY LANE POOLE, Speeches and Table Talks of the Prophet Mohammed 1882). Dalam literatur lain dikatakan: “Nabi Muhammad berangkat bersama dengan 10.000 orang pada saat yang menentukan ini” (WASHINGTON IRVING, Life of Muhammad, Hal. 17). Sementara itu, dalam literatur lain juga, Abu Sufyan berteriak untuk mengumpulkan orang-orang: “Wahai orang-orang Quraisy, Muhammad telah berada di sini dengan kekuatan yang tidak dapat kalian lawan. Muhammad bersama 10.000 pasukan baja…” (MARTIN LINGS, Muhammad, hal. 474).

Penjelasan Kidung Agung 5:16 

Kata Ibrani Muhammadim atau:

מחמדים

yang diterjemahkan sebagai he is altogether lovely dalam Bibel berbahasa Inggris di atas, pada dasarnya adalah kata Muhammad atau:

מחמד

dengan tambahan akhiran im atau:

ים

Dalam bahasa Ibrani, akhiran im digunakan untuk menyatakan jamak atau agung. Sebagaimana kata Elohim yang pada dasarnya adalah kata Eloh ditambah akhiran im. Eloh adalah Allah dalam bahasa Ibrani.

Sehingga, terjemahan yang tepat untuk Kidung Agung 5:16 adalah sebagai berikut:

“Kata-katanya manis semata-mata, dia adalah Muhammad. Demikianlah kekasihku, demikianlah temanku, hai puteri-puteri Yerusalem.”

Muhammad adalah nama orang, sehingga ia tidak bisa diterjemahkan ke dalam bahasa manapun!

Silahkan periksa sendiri pada dua kamus online dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Buka http://www.freetranslation.com/ atau http://www.worldlingo.com/en/products_services/worldlingo_translator.html

2. Ubah default menjadi “From Hebrew To English

3. Copy:

מחמד

dan paste ke dalam kotak sebelah kiri (Hebrew)

4. Klik “Translate” maka terjemahannya akan muncul di sebelah kanan (English): Muhammad

Periksa juga pada Google Translate dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Buka http://translate.google.com/

2. Ubah default menjadi “From Hebrew To English

3. Copy:

מחמדים 

 dan paste ke dalam kotak sebelah kiri (Hebrew)

4. Klik “Translate” maka terjemahannya akan muncul di sebelah kanan (English): Mhmdim 

 5. Copy:

מחמדי

dan paste ke dalam kotak sebelah kiri (Hebrew)

6. Klik “Translate” maka terjemahannya akan muncul di sebelah kanan (English): Mohammadi

Itu artinya bahwa kata Ibrani (Hebrew) מחמד (Muhammad) adalah nama diri seseorang, sehingga ia tidak bisa diterjemahkan ke dalam bahasa manapun. Karena itu, kedua kamus online di atas tidak menerjemahkannya melainkan hanya menuliskan namanya dalam ejaan bahasa Inggris (English), yaitu Muhammad. Silahkan dengarkan kembali cara pengucapannya yang dibacakan oleh Rabbi Yahudi dalam video youtube di atas.

Dengan demikian maka penyebutan nama Muhammad dalam Bibel merupakan salah satu bukti bahwa Muhammad bukan dan tidak pernah menciptakan Islam, bahkan nama Muhammad sendiri sudah tertulis jauh sebelum kelahirannya di dunia, ini semakin meneguhkan keyakinan bahwa Islam sudah ada semenjak zaman nabi-nabi pra-Muhammad. Adapun Yahudi dan Kristen sebenarnya merupakan produk distorsi (penyimpangan) dari Islam. Dr. Jerald F. Dirks, seorang mantan pendeta sekaligus ketua dewan gereja di United Methodist Church, Kansas, USA, memaparkan dengan jelas distorsi-distorsi tersebut dalam sebuah artikel yang berjudul “Perspektif Islam tentang Agama”

8 Komentar leave one →
  1. ioo permalink
    Juni 4, 2014 12:53 am

    bullshit

  2. Mei 25, 2015 2:51 am

    BINGUNG BINGUNG!
    KATANYA SONG OF SALOMO DITULIS OLEH RAJA SULAIMAN ( NABI SULAIMAN )
    DIDALAMNYA ADA NAMA MUHAMMAD?
    ISINYA TENTANG PERCINTAAN YG VULGAR.
    COBA CARI YANG LENGKAP TENTANG SONG OF SALOMO ATAU KITAB KIDUNG AGUNG!
    KALO AKU BUNGUNG!

  3. Agustus 6, 2015 5:46 am

    Apakah ini pencarian jati diri? ngapain elu repot-repot membuktikan? gak ada pengaruhnya atuh. elu butuh pengakuan kali ya? santai aja bro…. kebenaran akan bersinar seperti terang. tidak ada yang bisa menghalanginya. tapi jangan mencoba membohongi orang lain dengan penafsiran yang dibuat sendiri! tidak ada gunanya selai dibuang dan diinjak orang

  4. Oktober 26, 2015 4:53 am

    sebenarnya…ada 2 teori kepalsuan yg gampang untuk dilakukan dari banyak teori kepalsuan terhadan Al Qur’an…maksudnya teori kepalsuan disini adalah..benar gak sih Al Qur’an itu?

    yg pertama adalah umat kristiani mau mengakui…terlontar dari mulut mereka saja… bahwa muhammad mmg ada dlm injil dan merupakan rosul terakhir. maka Qur’an akan gugur..knp bgtu?
    krna mereka dgn cara bgtu mereka akan masuk islam…loh kok bgtu?
    sebab mereka sudah mengucapkan 2 kalimat syahadat.trus apa hubungannya Qur’an salah?
    jika kondisi itu terjadi maka yesus tidak akan turun ke dunia lg..untuk apa turun kalo umatnya udah di jln yg benar?

    trus knp hal semudah ini tdk mereka lakukan?alasannya logis…krna injil jg akan gugur.
    knp? krna dlm injil jg disebutkan yesus akan turun ke dunia lg…jd hal ini tdk mungkin utk mereka lakukan

    satu2nya jalan adlh melalui tes kepalsuan yg kedua…apa itu?

    yg kedua adalah hilangkan semua petunjuk tentang muhammad dlm kitab mereka. maka Qur’an akan terbukti salah mnrt mereka dan mereka yg benar.

    knp tes kepalsuan ini yg mereka lakukan pdhl bnyk tes kepalsuan lain yg mgkn utk dilakukan?
    krna hanya inilah yg mudah dan bs mereka lakukan…cara yg logis dan masuk akal…
    jika dihilangkan semua petunjuk itu maka tdk akan ada yg bs membuktikannya sampai akhir jaman.trus sapa nanti yg akan membuktikannya?

    tidak lain dan tidak bukan adlah yesus itu sndri..krna mmg itulah tugas yesus ketika diturunkan kembali.
    simpel kan..??

    • Roh Kudus permalink
      Januari 26, 2016 12:43 am

      Ngarang bebas saja kamu, seperti ngarang bebasnya orang terdahulu yg jadiin yesus Tuhanmu, pakai logika yg benar bisa ngk??

      Kristen mengakui dalam Alkitab muhammad ada nubuatnya maka batal semuanya, benar benar kalian ini ya ngk pake otak dan hati, Alquran menegaskan kepada manusia yang berbelok arah alias ngk lurus yakni kristen yang disesatkan, dan yahudi yang tamak.

      Pengakuan itu tidak akan berlaku jika kristen mengImani bahwa muhammad ada dalam alkitab, tetapi utk manusia yang mengakui muhammad rasul Allah maka yg kafir masuk islam, maka itulah fungsi Alquran, kalian yang masih tetap kristen silahkan, tapi cara berfikir kamu yg menganggap kristen mengakui maka batal semua yg ada, pikiran yang sempit.

      Yg jelas, ketiga agama menunggu Nabi Isa, yahudi menunggu nabi Isa sebagai utusan Tuhan (mereka tak percaya utusan Tuhan akan turun) pdhl mereka tau, itu namanya sombong, Kristen menunggu Isa atau yesus turun sebagai Tuhan, dan Islam menunggu isa turun sebagai Rasul.

      Nabi isa akan memberi tahu siapa dia sebenarnya, di islam dia nanti akan membunuh dajjal, membunuh para yahudi, mengIslam kan kristen (yg hidup saat itu), kamu hidup ngk saat itu??

      Masih ngk percaya, ada kok dalam alkitab kamu, nih ayatnya dibaca dan pikirkan dengan baik, jangan berlogika salah lagi.

      Mari kita lihat Matius 7 : 21 – 23 :

      (21). Bukan setiap orang yang berseru kepadaKU: Tuhan, Tuhan! akan masuk kedalam kerajaan sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak BapaKu yang di sorga.

      (22). Pada hari tarakhir banyak orang akan berseru kepadaKU: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi namaMU, dan mengusir setan demi namaMU, dan mengadakan banyak mujizat demi namaMU juga?

      (23). Pada waktu itulah AKU akan berterus terang kepada mereka dan berkata: AKU tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah daripadaKU, kamu sekalian pembuat kejahatan.

      Ayat tersebut diatas sangat jelas menggambarkan keadaan umat Kristen di akhir zaman, dimana Yesus yang mereka puja sebagai Tuhan malah mengusir mereka, bahkan lebih keras lagi Yesus menyebut mereka sebagai pembuat kejahatan.
      Kenapa ?

      Karena Yesus tidak pernah mengajarkan dirinya adalah Tuhan, maka diakhir zaman, orang yang menyebut dirinya Tuhan, bahkan mengaku melakukan berbagai kegiatan atas nama Yesus, semuanya akan ditolak dan diusir.

  5. nael permalink
    Juni 6, 2016 8:35 am

    Kidung Agung 5:16
    hikvō mamətaqqîm vəkullvō mahămadîm zeh dwōdî vəzeh rē‘î bənwōt yərûšālāim. (Teramat manis tutur katanya, dia adalah mahămadîm. Inilah kekasihku dan sahabatku, O puteri-puteri Yerusalem.).

    Ini kidung/nyanyian Raja Salomo yang gambarkan cintanya kpd Israel yg dilambangkan
    sbg putri2 Yerusalem. Kata mahamadin (bhs Ibrani) artinya tutur kata2 manis – . Kemiripan
    PHONETIK tak bisa diartikan sbg Mohammad yg KEBETULAN bunyinya mririp. Mahamadin
    (bhs Ibrani) tidak berpribadi. Jadi mustahil diartikan nubuat utk Mohammad, yg ber-pribadi itu.
    Baca perikop lengkap dari ayat 9 – 16. Tak ada sangkut pautnya dg “nabi” arab itu.
    Salomo memang romantis sekali dlm ungkapan2 kecintaannya kpd Tuhan dan Israel.
    Percayalah, TAK ada SATUpun ayat dari 31.000+++ ayat2 alkitab yg sedikitpun menubuatkan
    Mohammad

  6. Juli 11, 2016 9:36 am

    Sudah jelas tertera: Mahamadin=Muhammad……..hanya bisa dipahami oleh manusia yang diberikan akal sehat oleh Allah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: