Skip to content

Kesalahpahaman yang berkaitan dengan bulan ‘ SAFAR ‘ !

Desember 18, 2013

Ditulis oleh : Tarek Khedr- shams university – Cairo, Egypt

 

Allah on the sky

 

Safar adalah bulan kedua dalam kalender Islam datang setelah Muharram . Banyak orang berpikir bulan Safar dianggap sebagai bulan kesialan dan nasib buruk .

Pra – Islam Arab percaya Safar menjadi ular ( snake ) yang berdiam di dalam perut manusia . Ini membangkitkan kehidupan di bulan ini dan menyebabkan berbagai jenis penyakit dan orang-orang diseases.Thus lebih rentan jatuh sakit di bulan ini . Karena berbagai pertanda jahat yang melekat pada bulan ini beberapa Muslim menganggap : Nikah dikontrak pada bulan ini menjadi nasib buruk dan naas . Setiap usaha bisnis yang penting dimulai pada bulan ini pasti runtuh . Banyak orang memiliki keyakinan yang keliru tentang bulan ini yaitu itu adalah bulan kemalangan dan bencana .

Allah ( subhanahu wa ta’ala ) mengatakan dalam Al Qur’an : ” Tidak ada jenis bencana dapat terjadi , kecuali dengan kehendak Allâh ” . ( QS. 64 -Ayat 11 ) .

Keyakinan tersebut berkaitan dengan bulan Safar dan buruk pertanda yang berlaku selama hari-hari yang sangat dikutuk dalam hadits , sehingga orang harus mendapatkan kesadaran dan praktek-praktek tersebut harus ditinggalkan sebagai berikut :

Hal ini diceritakan oleh Abu Huraira ( Radhi Allahu anhu ) :
Rasulullah ( sallallahu alaihi wa sallam ) berkata , ‘ ( Ada ) no’Adwa ( tidak ada penyakit menular disampaikan tanpa izin Allah ) . juga tidak ada pertanda buruk ( dari burung ) , juga tidak ada Hamah (yaitu , burung hantu bahwa orang Arab yang digunakan untuk melihat sebagai pertanda buruk ) , juga tidak ada pertanda buruk di bulan Safar , dan salah satu harus lari dari si kusta ( orang yang menderita dari -a Kusta penyakit kulit ) sebagai salah satu lari dari singa . ”
Sahih Bukhari hadits 608 , buku 71 .

Hadits lain dilaporkan oleh Muslim terkait dengan kesalahpahaman seperti keyakinan :
. Jabir b ‘ Abdullah ( Radhi Allahu anhu ) melaporkan Rasulullah ( sallallahu alaihi wa sallam ) yang mengatakan :
Tidak ada transitif ( cont Agious ) penyakit , tidak ada safar , tidak ada setan kuburan ( roh jahat ) .
Hadis Sahih Muslim 5515 , buku 26 .

Kepercayaan-kepercayaan keliru juga telah dikutuk dalam konteks hadits berikut :
Tidak ada burung hantu takhayul , burung , tidak ada hujan bintang – menjanjikan , tidak ada pertanda buruk di bulan Safar . ( Sahih Muslim ) .

Tidak ada pertanda buruk di bulan Safar dan tidak ada Ghouls ( roh jahat ) ( Sahih Muslim ) .

Tidak ada pertanda buruk , tidak ada burung hantu takhayul , burung dan tidak ada pertanda buruk di bulan Safar ( Bukhari ) .

Hari ini juga, ada beberapa Muslim yang memegang keyakinan yang salah tentang bulan Safar , . Kita perlu menghindari semua jenis keyakinan yang keliru tentang bulan Safar yang penuh berkah .
Kita harus memahami bahwa semua kondisi yang menimpa kita , baik atau buruk , menguntungkan , atau tidak menguntungkan berasal dari Allah ( subhanahu wa ta’ala ) ( sebagai akibat dari tindakan kami)

Allah ( subhanahu wa ta’ala ) mengatakan : ” Apapun musibah yang menimpa Anda , itu adalah karena hal-hal yang anda dapatkan dari tangan anda sendiri , dan Dia ( Allah ) mengampuni banyak dosa . ” (QS. 42 – Ayat 30 ) .

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: