Skip to content

PENGUSAHA NASIONAL KETURUNAN THIONGHOA MASUK ISLAM

September 2, 2013

1238232_617874124932052_112357455_n


Info Muallaf – Kisah Muallaf Robby Sumampow, Pengusaha Nasional Keturunan Tionghoa yang Masuk Islam

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

إِنَّكَ لَا تَهْدِي مَنْ أَحْبَبْتَ وَلَكِنَّ اللَّهَ يَهْدِي مَنْ يَشَاءُ وَهُوَ أَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِينَ

“Sesungguhnya kamu tidak akan dapat memberi petunjuk kepada orang yang kamu kasihi, tetapi Allah memberi petunjuk kepada orang yang dikehendaki-Nya, dan Allah lebih mengetahui orang-orang yang mau menerima petunjuk.” (QS. Al Qashash 28 : 56)

Mungkin ayat Al Qur’an diatas sangat cocok menggambarkan kondisi yang dialami salah satu pengusaha nasional terkemuka asal kota Solo Jawa Tengah, Robby Sumampow. Beberapa waktu lalu, pengusaha terkenal tersebut memutuskan masuk Islam.

Pengusaha keturunan Tionghoa ini melafalkan dua kalimat syahadat atas bimbingan Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf, pada 27 Ramadan 1434 H yang lalu di kediaman Habib Syech, Pasar Kliwon, Semanggi, Solo, Jawa Tengah.

Kabar Robby yang telah menjadi mualaf tersebut dibenarkan Heru S Notonegoro. Kolega sekaligus kawan dekat Robby Sumampow ini menuturkan jika dirinya pula yang menemani Robby kerumah Habib Syech.

5 Agustus lalu. Beliau menyatakan masuk Islam di hadapan Habib Syech…

“Kalau tidak salah, 5 Agustus lalu. Beliau menyatakan masuk Islam di hadapan Habib Syech. Saya sendiri ikut mengantarkan beliau ke sana,” kata Heru S Notonegoro, pada Rabu (28/8/2013).

Heru yang selama ini berprofesi sebagai pengacara menilai, langkah Robby menjadi mualaf adalah hidayah dari Allah SWT.

“Siapa yang bisa mempengaruhi Pak Robby? Karakter beliau itu sangat keras. Jadi, keputusan beliau masuk Islam ini benar-benar sebuah hidayah,” terangnya.

Pria yang juga kuasa hukum Robby saat kasus dugaan pemalsuan akta autentik Yayasan Bhakti Sosial Surakarta (YBBS) pada tahun 2012 lalu menuturkan, tidak ada yang memaksa Robby untuk memeluk Islam.

“Tak ada yang memaksa atau karena akibat sesuatu yang memaksa beliau. Ini benar-benar sebuah hidayah,” ungkap Heru.

Sebagaimana diketahui bersama, Robby Sumampow selama ini dikenal sebagai pengusaha terkenal dan terkemuka nasional yang mempunyai jaringan bisnis sangat luas. Hal ini tidaklah mengherankan, karena dia sebagai keturunan Tionghoa.

…Siapa yang bisa mempengaruhi Pak Robby? Karakter beliau itu sangat keras. Jadi, keputusan beliau masuk Islam ini benar-benar sebuah hidayah…

Robby merupakan pemilik restoran dan hiburan serta Hotel Amarelo dan Akasia. Setelah resmi memperkenalkan Amarelo Hotel di Jl Gatot Subroto, pengusaha Robby Sumampow kemudian membuka tiga hotel baru lagi di Solo pada bulan Juni 2012 yang lalu.

Manajemen ketiga hotel tersebut juga akan dipegang The Acacia Hotel and Resort. Public Relations Manager The Acacia, Julia Pattikawa, menyampaikan Robby akan membuka hotel baru di belakang Hailai.

Ketiga hotel tersebut yang nantinya disebut dengan Acacia Jajar, kemudian di Jl Yosodipuro tepatnya timur rumah dinas Wawali Solo, dan pengelolaan kembali Hotel Cakra.

Di tingkat nasional, Robby adalah mantan Presiden Komisaris PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk. Sejak 2007, Robby adalah Komisaris Utama PT Indo Kordsa.

Robby Sumampow juga menjabat sebagai Komisaris Utama dan Komisaris Citra Marga Nusaphala Persada tbk PT. Ia, juga menjabat sebagai Direktur PT Branta Mulia Tbk

Iklan
No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: