Skip to content

Subhanallah, Atas kehendak Allah remaja ini selamat meski terkubur selama 16 hari dari reruntuhan gedung di bangladesh.

Mei 14, 2013

130513211124-lakhani-bangladesh-survivor-00002823-story-top

 

Seorang remaja Bangladesh terkubur selama 16 hari di bawah reruntuhan sebuah pabrik garmen di mana dia bekerja dan berbicara untuk pertama kalinya tentang perjuangan pada Senin yang mengerikan untuk tetap bertahan hidup.

Reshma Sembilan belas tahun bersumpah untuk tidak pernah lagi bekerja di industri garmen negara itu, di mana dia mendapatkan setara dengan $ 60 per bulan.

Reshma berbicara pada sebuah konferensi pers karena ia terus membaik keadaannya di sebuah rumah sakit militer di Dhaka. Petugas penyelamat menemukannya Jumat lalu.

Dia ditemukan di ruang bawah tanah pabrik dalam genangan air, menurut menyelamatkan resmi Letnan Kolonel Moazzem Hossain. Tidak jelas apakah air dari hujan baru atau selang penyelamat ‘menetes ke tempat ia terperangkap, ia kemudian bernapas melalui kantong udara.

Petugas pemadam kebakaran telah menyemprot daerah untuk memadamkan api yang meletus selama penyelamatan upaya lain gagal.

Pada tanggal 24 April Rana Plaza runtuh menimbulkan banyak korban jiwa. Karena setiap hari selama masa pencarian, jumlah korban tewas merayap dari puluhan hingga ratusan. Pada hari Jumat, itu telah melampaui 1.000. Menemukan orang hidup tampaknya sangat tidak mungkin.

Tapi kemudian terdengar suara sebuah batang besi yang Reshma miliki. Dan kemudian terdengar permohonan seseorang untuk diselamatkan..

“Aku hidup,” teriaknya. “Tolong selamatkan aku!”

Remaja tersebut menceritakan bahwa ketika runtuhnya gedung sembilan lantai dimulai, dia bekerja di lantai tiga.

Dia berhasil merangkak ke ruang bawah tanah. Dalam perjalanan turun, beberapa pakaiannya robek. Ketika ia sampai di ruang bawah tanah, ia menemukan pakaian ekstra di pabrik garmen. Dia memakainya.

Ketika kamera  Reshma sedang diletakkan di atas tandu Jumat, dia mengenakan syal merah muda cerah dan berbunga-bunga atas ungu.

Baca: Rincian menyelamatkan Reshma

Reshma masih berjuang untuk mengingat segala sesuatu yang terjadi. Tapi dia mengatakan dia yakin itu murni kehendak Allah bahwa dia selamat.

Baca: Bagaimana wanita bisa bertahan?

Dia tidak akan pernah kembali ke pekerjaan pabrik ia mulai pada bulan April, katanya.

Industri garmen menyumbang 77% ekspor Bangladesh – industri $ 20 miliar untuk bangsa. The Rana Plaza runtuh, diyakini paling mematikan dalam sejarah industri pakaian di negara ini, telah melatih sebuah sorotan internasional tentang upah rendah dan kondisi tidak aman di pabrik-pabrik garmen Bangladesh yang menghasilkan produk untuk konsumen Eropa dan Amerika Utara.

Keruntuhan terjadi sehari setelah retak muncul dalam struktur bangunan. Meskipun bahaya, pekerja garmen diberitahu untuk melaporkan untuk bekerja, CNN Money melaporkan.

Berapa banyak produksi untuk kemeja denim di Amerika Serikat dan di Bangladesh?

Uni Eropa, mitra dagang terbesar Bangladesh, mengatakan Selasa lalu bahwa mereka sedang mempertimbangkan tindakan perdagangan terhadap Bangladesh. Jurubicara Deplu AS Patrick Ventrell mengatakan bisnis yang beroperasi di gedung runtuh “tampaknya memiliki link ke berbagai perusahaan di AS dan Eropa.”

Dia menambahkan mereka akan bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan AS pada “memperbaiki kondisi kerja, termasuk di Bangladesh.”

bencana The Rana Plaza juga telah mendorong para pejabat Bangladesh untuk meninjau bagaimana industri garmen beroperasi. Para pemilik pabrik di plaza dan pemilik plaza telah ditangkap.

Tragedi taji investigasi nasional pabrik garmen

Sementara itu, 100 pabrik di Ashulia, sebuah daerah pinggiran kota dekat Dhaka, telah ditutup untuk jumlah waktu yang tidak ditentukan, Shahidullah Azim, wakil presiden Bangladesh Garments Produsen dan Asosiasi Eksportir, Senin.

Juga pada hari Senin, kantor berita nasional negara itu melaporkan bahwa kabinet pemerintah menyetujui rancangan UU Tenaga Kerja Bangladesh ditujukan untuk melindungi hak-hak dan keselamatan pekerja.

Sekretaris Kabinet M. Musharraf Hossain Bhuiyan kepada wartawan amandemen juga akan “membantu meningkatkan produktivitas,” menurut BSS, kantor berita.

Pejabat juga berjanji untuk menguji kembali berapa banyak pekerja garmen dibayar.

Berita itu datang pada hari 19 dari pencarian korban. Pihak berwenang melaporkan bahwa 1.127 mayat telah ditemukan.

Tentara yang dipimpin operasi pemulihan adalah mereda, dan pihak berwenang mengatakan mereka berencana untuk mengakhiri pemulihan Selasa.

 

Sumber : CNN dan lainnya

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: