Lanjut ke konten

PESAN UNTUK SAHABAT

Allah ada didalam hati kita Sahabat, Bila kita ingin mengenalnya kenali diri kita dulu… Fahami bahwa kita memiliki sifat-sifat Allah (Ashma Ul Husna), karena setiap manusia telah dihembuskan oleh NYA ruh yang berasal dari NYA…

Sahabat, ketika kita melihat di Televisi musibah bencana alam di Haiti atau di Aceh… kita merasa ingin membantu penderitaan mereka dengan memberikan harta benda yang kita miliki. Itulah sifat “ARRAHMAN” (Yang Mengasihi) yang kita miliki, ketika kita melihat sebuah kursi kakinya patah, kemudian kita merasa ingin memperbaiki nya, itulah sifat “AL-HAFIZH” (Yang Memelihara) yang kita miliki…. Ketika kita melihat seorang yang papah meminta-minta dijalan kemudian kita tersentuh untuk memberikan sesuatu yang kita miliki, itulah sifat “AL-MU’THI” (Yang Menyantuni) yang ada didalam diri kita, saat kita melihat seseorang merusak tanaman yang ada di taman di pinggir jalan, kemudian kita merasakan perasaan ingin mencegahnya dari perbuatan itu, Itulah sifat AL-MANI’ (Yang Menahan atau Mencegah) yang ada didalam diri kita, dan seterusnya… Namun sejauh mana kita mampu melakukannya sesuai Perasaan tersebut, kembali kediri kita masing-masing. Karena sering kali kita merasakannya namun kita tidak melakukan sesuai perasaan tersebut.

Jadi sifat-sifat Allah senantiasa terwujud dalam keseharian kita meski hanya sedikit, selanjutnya kita juga sebaiknya berusaha untuk belajar dan melatih bagaimana mengelola dan menggunakan sifat-sifat Allah tersebut untuk menjadi bekal dalam perjalanan hidup kita dan menjadi manfaat bagi orang lain dan lingkungan kita.

Tidak ada yang Sia Sia.

Sahabat… Setiap manusia yang lahir di bumi ini memiliki misi dan memberikan manfaat yang berbeda bagi makhluk lainnya begitu pula kita… dan begitu pula ciptaan Allah lainnya, Hewan, Tumbuh-tumbuhan, batu, bintang-bintang, Larva, Bakteri, dll. Mereka memiliki Misi dan manfaat atas kehadiran mereka di muka bumi dan diseluruh Jagat Raya ini… Tidak ada ciptaan Allah yang sia-sia… Begitu pula kita, Sahabat…

“Dan Kami tidak menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada diantara keduanya tanpa hikmah” ( Shad: 27)

“Dan Kami tidak menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada diantara keduanya dengan bermain-main” (Ad Dukhan: 38)

 

kita lah yang harus berjuang untuk menjadi sempurna

Ingat sewaktu kita kecil ?… dimana kita diberikan sarana sesuai kemampuan kita saat itu.. saat berumur 1 hingga 12 bulan pencernaan kita belum sempurna, dan secara alamiah kita lebih menyukai minum Susu dan tidak menginginkan makanan lain yang lebih keras, demikian pula orang di sekitar kita pun menyadari hal itu. Kemudian saat kita memasuki usia selanjutnya. Secara alami kita mencoba untuk belajar berdiri, belajar berbicara, dan seterusnya. Jadi setiap kejadian dalam hidup kita senantiasa disertai hikmah dan pembelajaran yang akan berguna dalam hidup kita pada waktu berikutnya…

Cobalah direnungkan… hanya Sahabat yang tahu… apa misi hidup yang diarahkan untuk Kita oleh Allah ?… Sesungguh nya Manusia adalah makhluk yang paling sempurna dari ciptaan lainnya, tapi ketika kita lahir… sebenarnya kita belum mencapai pada kesempurnaan itu, kita lahir dengan segala keterbatasannya, tanpa mengenakan pakaian, tanpa memiliki Rambut dan panca indra yang sempurna, dan masih sangat tergantung dengan orang-orang disekitar kita… kita lah yang harus berjuang untuk menjadi sempurna…. Kesempurnaan yang dimaksudkan Allah adalah Kesempurnaan Ruh/ Kalbu kita … ada banyak manusia yang memiliki kesempurnaan fisik tapi Kalbunya tidak bisa mencapai kesempurnaan, dan banyak juga manusia yang fisiknya tidak sempurna tapi bisa mencapai kesempurnaan Kalbu… semuanya kembali ke Kita, Sahabat… Kesempurnaan Fisik/ Jasmani hanyalah sarana untuk mencapai kesempurnaan Qolbu/ Rohani kita.

Sahabat, apakah kita pernah bertemu dengan teman atau kerabat yang telah mencapai pada tingkatan kesempurnaan Kalbu/ Rohani dan sekarang telah dipanggil keharibaanNYA ?…. Saat itu mungkin kita sempat berpikir “Orang itu baik banget, tapi sayang dia telah tiada…. Kenapa orang yang baik, selalu pergi lebih cepat ?”…… Sebenarnya itulah titik pencapaian kesempurnaan yang Allah kehendaki… atau dengan kata lain dia telah menemukan tujuan akhir hidupnya… Jadi kalau kita ingin bertemu dengan Allah lebih cepat, kita harus memperbanyak Amal baik atau memberikan manfaat bagi orang lain sebanyak-banyaknya karena Allah Ta’ala dan memperbanyak Ibadah Ukhrowi’ nya.

Kalau kita telah melakukan nya namun ternyata belum dipanggil-panggil juga oleh Allah… Berarti misi kita didunia belum selesai/ belum Sempurna atau masih ada tanggungjawab yang belum dan harus kita selesaikan, atau mungkin Allah masih memberikan kita waktu untuk bertobat, membersihkan diri dari Dosa dan memperbanyak Pahala/ Amal baik kita.

Tidak Ada Dosa Turunan

Sesungguhnya kita dilahirkan dalam keadaan yang suci, tidak membawa dosa apapun dari alam Rahim, tidak ada dosa yang diturunkan dari Orang Tua kita atau pun dari nenek moyang kita, bahkan dari Nabi Adam sekalipun sebagai keturunan pertama Manusia. Seperti kertas putih yang belum ternoda. Ketika Kitab Suci menceritakan kisah Nabi Adam melawan perintah Allah dengan memakan buah Khuldi di Taman Firdaus, Kemudian Adam dan Siti Hawa bersembunyi karena rasa takut dan malunya akan murka Allah. Sebenarnya Alah ingin menunjukan kepada kita itulah awal mulanya Manusia melanggar Perintah Allah. Kemudian pada Ayat selanjutnya Allah menceritakan tentang diturunkan nya Nabi Adam dan Siti Hawa ke Muka bumi ini pada tempat yang berbeda. Sesungguh nya itu bukanlah suatu Hukuman, Namun sudah menjadi takdir atau masuk dalam rencana Allah bahwa Manusia akan diturunkan dibumi sebagai Khalifah di muka bumi ini.

Hidup ini Pilihan

dalam setiap langkah kita selalu diberikan dua atau lebih pilihan oleh Allah..… dan setiap pilihan hidup memiliki tingkat kebaikan/ Manfaat dan konsekuensi yang berbeda dan terkadang kita pun menjadi ragu, mana yang harus kita ambil….. dan ketika kita telah menentukan pilihan, janganlah pernah melihat kebelakang dan jangan pernah menyesali, karena Penyesalan itu tidak lah menyelesaikan masalah… Hadapilah dan terimalah Konsekuensinya…. Karena dibalik itu ada Hikmah yang bisa dipetik.

Ok Sahabat …. Semuanya kembali ke Kita dalam menentukan langkah hidup…. Dan setiap dari diri kita suatu ketika akan dimintakan pertanggungjawaban dihadapan Allah untuk apa dan apa saja yang kita lakukan selama hidup. Orang lain bahkan keluarga sekalipun tidak akan dapat membantu atau ikut meringankan pertanggungjawaban tersebut, tidak ada sang Penebus Dosa… yang ada hanyalah diri kita dan Allah.

Demikian semoga Artikel, Jurnal dan Kisah yang kami tampilkan disini dapat  bermanfaat untuk hidup kita. Amiin.

Wasalam

Manajemen

CAHYA IMAN

30 Komentar leave one →
  1. ika permalink
    Maret 6, 2010 3:09 pm

    Makasih banget Motivasinya…. sungguh sangat menggugah dan memberikan pencerahan yang luar biasa.. sekali lagi makasih….

    • Maret 9, 2010 6:44 am

      Alhamdulillah ibu ika, Terimakasih atas komentar dan tanggapannya. Semoga Artikel-artikel kami dapat memberikan manfaat buat anda dan Audience lainnya. Insya Allah masih banyak artikel lain nantinya yang dapat memberikan Inspirasi dan Motivasi kita dalam menjalani hidup dan memperkuat ke imanan kita kepada Allah SWT….

  2. Maret 26, 2010 11:45 pm

    Allahu Akbar !!!!!!!

  3. bh124fi permalink
    April 17, 2010 1:39 am

    Assalamualaikum, ana ada saran gimana kalo di blog ini disediakan download lagu2 Islami serta ayat2 pendek yg bisa di download, atau kumpulan2 Do’a….atau Kumpulan Hadist Shahih…
    maaf kalo saran ana terlalu banyak

    terimakasih,
    wassalam

  4. Khamid Mustahal permalink
    April 29, 2010 11:10 am

    SUBHANNALLAH

  5. Mei 14, 2010 7:54 am

    Subhanallah,semoga Allah meridhoi sahabat untuk terus berdakwah,mengingatkan sesama muslim untuk kembali mengingat-Nya.teruskan ya sahabat karena mengingatkan itu indah,Amien…

  6. Siti permalink
    Mei 26, 2010 11:30 am

    Susahnya bersyukur….mksh bwt tlsannya.ga sengaja dbk,tp luar biasa..

  7. Jaludin bin D. Basir permalink
    Juli 1, 2010 6:50 am

    bagus laa…

  8. September 27, 2010 5:51 am

    Menyejukan jiwa,terima kasih sudah mendapat rohani.

  9. nurdinsaef permalink
    Oktober 17, 2010 10:20 am

    assalamu’alaykum izin copas……..nice note

  10. maretmei permalink
    Maret 29, 2011 3:46 pm

    assalam’alaikum

    saya hanya ingin bertanya mengenai ayat yang tertera diatas…
    mengapa ayat tersebut menggunakan kata “KAMI MENCIPTAKAN BUMI”
    KAMI? padahal kan Allah itu qiyamuhu binafsih…
    bukannkah dia tidak butuh pertolongan siapapun untuk menciptakan bumi ini?
    lalu siapa saja yang dimaksud KAMI dalam ayat tersebut?

    ada kah yang dapat membantu???
    thank you advance…

  11. Juni 16, 2011 5:22 am

    kalo gak ada sang Penebus dosa maka tidak ada orang yang akan diselamatkan(masuk surga). hanya orang-orang yang sempurna (tanpa dosa yang akan diselamatkan). setitik dosa saja bisa membuat kita tidak dapat diselamatkan, jadi percuma saja anda berbuat banyak amalan jika sudah ada dosa pada diri anda. jadi ininya kita tidak dapat menyelamatkan diri kita sendiri, keselamatan semata-mata adalah karunia Allah

  12. Agustus 23, 2011 2:51 am

    assalamu’alaikum,
    ma’af ya akhi ane boleh mintak artikel2 nya ya,,,;)

  13. September 15, 2011 9:50 am

    alhamdulillah, membuka tabir yg menyelimuti Qolbuku,banyak hikmah yg dpt aku petikdr semuanya. alhamdulillah…barokallah. jazakumullah qhairan.

  14. September 21, 2011 11:57 am

    Halo,

    sebelumnya perkenalkan nama saya Julia Sarisetiati.
    Saya diundang oleh Seoul Art Space Geumcheon, Seoul, untuk menjalani masa residensi seniman di Seoul selama 3 bulan.
    Selama masa residensi saya di Korea, saya ingin sekali membuat sebuah proyek seni mengenai TKI Indonesia yang bekerja di Korea.
    Saya sangat berharap, pihak anda bisa memberi saya kontak di, siapakah orang yang paling tepat untuk dihubungi karena dalam proyek seni ini akan membutuhkan cukup banyak partisipasi dari TKI yang bekerja di Korea.

    Terimakasih atas perhatiannya, balasan dari anda sangat saya nanti2 kan :D

    Salam,
    Julia Sarisetiati

  15. 260398emi permalink
    Januari 27, 2012 12:48 pm

    hmmmm

    :)

  16. Free Makeup Samples permalink
    Februari 22, 2012 3:58 pm

    I am not sure where you are getting your information, but great topic. I needs to spend some time learning much more or understanding more. Thanks for fantastic information I was looking for this PESAN UNTUK SAHABAT Cahyaiman's Blog for my mission.

  17. Britta Anson permalink
    April 14, 2012 8:43 am

    Particularly decent blog post. I discovered your blog page and wished to mention that I have really enjoyed reading through your posts.

  18. Immobilienkredit trotz Schufa permalink
    April 19, 2012 6:04 am

    I’m not that much of a internet reader to be honest but your sites really nice, keep it up! I’ll go ahead and bookmark your website to come back later on. All the best

  19. Oktober 9, 2012 10:04 am

    Salam. pilihan artikel yang bagus, semoga bermanfaat, salam perkenalan dari rusia, sila kunjungi website kami… terima kasih

  20. November 21, 2013 4:56 am

    assalamu ‘alaikum warahmatullahiwabarakatuh
    ya aghi ya ughti ane mau tanya
    gimana caranya biar ane bisa ketemu Rasulullah di dalam mimpi
    aamiin
    wassalam’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

  21. Muhammad Najib permalink
    Desember 13, 2013 12:27 pm

    Good banget nih , halaman yg saya inginkan !!!!

  22. tomiharyono permalink
    Februari 17, 2014 4:05 pm

    Alhamdulillah beritanya sangat bermanfaat dan dapat memberikan satu masukan, saran, berguna bagi setiap pembacanya. Terima kasih!

    • Februari 18, 2014 9:01 am

      Syukron AKhi Tomiharyono, Semoga dapat memberikan manfaat utk Akhi dan Ukhti Fillah semua nya. Alhamdulillah dan Astaghfirullahaladzim atas komentar dukungannya.

Lacak Balik

  1. Dialog Muslim : Bagaimana cara nya agar dapat memperoleh mimpi bertemu dengan Nabi Muhammad ? | Cahyaiman's Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 717 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: